Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

99designs, freelance designs, freelance desain, pekerjaan freelance, vector, belajar desain, desain, desain grafis, wawa design, download vector, download vector gratis, logo, logos, vector, 99designs freelance, shutterstock, freepik, desain terbaik, sekolah desain, desain gratis, sekolah desain gratis, download mockup gratis, download font gratis, tips dan trik 99designs, dollar, ilustrasi, coreldraw, grafis desain, freelance desain grafis, freelance desain grafis jogja, freelance desain grafis bandung, freelance desain grafis sumatra, freelance desain grafis kalimantan, freelance desain grafis sulawesi, freelance desain grafis jawa, freelance desain grafis bali, freelance desain grafis maluku, freelance desain grafis jakarta, freelance desain grafis DKI, freelance desain grafis jayapura, freelance desain grafis papua, freelance desain grafis solo, freelance desain grafis semarang, lowongan kerja desain, lowongan kerja desain grafis, 99design contest, daftar 99design, cara mengikuti kontes 99designs, cara memahami brief di 99designs, belajar desain yang benar, kursus desain, kuliah desain, seni desain, download gambar lucu, download font gratis, seni, art desain, desain modern, cara jual gambar, cara download gambar, cara download font, cara jual foto, cara belajar desain, cara mendesain yang benar, belajar vector, belajar photoshop, cara membuat logo, cara membuat desain web, cara membuat desain ilustrasi, gambar anak-anak, download gambar lebaran, download gambar idul fitri, kartu ucapan, membuat desain yang menarik, desin, desain, grafis, font terbaik, font jelek, font 99designs, font logo, font web, font gratis, font free, membuat font, menjual font, kartu ucapan gratis, vector kartu ucapan, situs belajar desain grafis, blog desain jogja, blog desain infonesia, blog desain bahasa indonesia, ingin belajar desain, desain website terbaik, vector gambar rumah, vector gambar lucu, desain rumah, desain halaman, desain kamar, desain kamar untuk anak-anak, warna terbaik untuk logo, kartu valentin, belajar desain rumah, belajar desain kaos, belajar desain 3D, belajar desain arsitek, belajar desain baju, belajar desain web, belajar desain grafis yang benar, belajar coreldraw, belajar adobe illustrator

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock, cara upload gambar vector di Shutterstock sebenarnya sangat muda sekali caranya bagi mereka yang paham, namun ada juga beberapa dari kalian yang masih baru bergabung menjadi kontributor di Shutterstock masih mengalami kesulitan dalam melakukan pengiriman gambar vector yang hendak dijual di Shutterstock.

Gambar vector yang hendak di upload biasanya memiliki format .EPS yang dihasilkan oleh software desain adobe illustrator support .EPS. Lalu langkah apa saja yang harus disiapkan untuk memulai mengupload gambar vector yang hendak dijual di Shutterstock:

Langkah pertama: Siapkan file desain gambar vector dengan fotmat .EPS

Cara upload gambar vector untuk saat ini semakin mudah bedah dengan dulu. Sekarang kalian hanya perlu mengupload desain gambar vector dengan fotmat .EPS yang dihasilkan oleh software desain adobe illustrator.

File .EPS harus support format .EPS 8 dan 10 saja, untuk yang lain belum bisa kalau untuk sekarang. Jika kalian belum tahu bagaimana caranya membuat file desain gambar vector yang support .EPS 8 dan 10, berikut saya akan memberikan caranya:

Kalian harusnya memiliki aplikasi desain adobe illustrator.

Jika kalian membuat desain awalnya dari corelDraw maka ketika kalian menyimpan file seharusnya di save dalam format .EPS atau AI, supaya nantinya dapat dibuka diaplikasi adobe illustrator.

Pertama buka aplikasi adobe illustrator kalian, lalu buka lembar baru dengan size 4.000 pixel x 4.000 pixel dengan pilihan color RGB, contoh seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Lalu klik OK untuk memulai membuka lembar baru di adobe illustartor, contoh seperti gamabr dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika sudah terbuka lembar baru seperti gambar diatas, maka hal selanjutnya adalah membuka file desain yang sudah kalian siapkan sebelumnya, yang kalian buat dari corelDraw. Cari filenya dan buka, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika sudah sama sepertika gambar diatas maka hal selanjutnya adalah menyimpan file desain tersebut dengan mengklik pada bagian SAVE AS TYPE lalu pilih format .EPS dan SAVE, seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika kalian sudah melakukan klik SAVE maka akan dialihkan kehalaman seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika sudah sama seperti gambar diatas maka hal selanjutnya adalah klik pada bagian version yang ada tanda seru warna kuning, pilih kedalam format .EPS 8 atau 10.

Jika sudah memilih maka hal selajutnya tinggal pilih OK dan akhirnya file desain kalian sudah siap untuk di upload.

Langkah kedua: Upload file desain gambar vector melalu dasboard Shutterstock

Pastinya kalian sudah memilik akun kontributor Shutterstock, jika belum kalian bisa membaca artikel ini Cara mudah mendaftar menjadi kontributor Shutterstock .

Hal pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun kontributor Shutterstock kalian. Jika sudah masuk kedalam dasboard akun kalian maka pilih pada bagian kiri atas yang berwarna merah dengan tulisan UPLOAD IMAGE, dan selanjutnya kalian akan dialihkan kehalaman seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika sudah masuk kehalaman seperti gambar diatas, maka yang harus kalian lakukan adalah klik pada bagian Select multiple files atau kalian juga bisa melakukan drag and drop file desain kalian pada bagian kotak tengah tersebut.

Jika sudah maka, pilih file desain kalian dimana kalian sudah menyimpannya tadi seperti yang sudah dibahas diatas, jika sudah maka akan tampil halaman seperti dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Jika sudah memilih file desain kalian maka selanjutnya adalah pilih OPEN , lalu akan seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Biasanya jika kalian ingin mengupload desain gambar vector lebih dari satu harus menunggu beberapa saat untuk loading file upload selesai, contoh diatas hanya satu gambar saja makanya bisa cepat.

Langkah ketiga: Mengisi deskripsi dan keyword

Jika sudah selesai untuk proses uploadnya maka selanjutnya adalah klik NEXT dan kalian akan dialihkan kehalaman untuk mengisi deskripsi dan tag meta/keyword dari desain gambar vector milik kalian tadi dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara mudah upload gambar vector di Shutterstock

Dibagian ini kalian diharuskan untuk mengisi deskripsi dari desain gambar vector milik kalian, batas manimal kata deskripsi biasnya lima kata dengan penulisan dalam bahasa inggris yang benar, jika ada salah maka yang terjadi file kalian akan ditolak oleh Shutterstock dan disuruh mengulangnya untuk diunggah ulang.

Untuk keyword sendiri biasanya sudah memiliki suggestion yang sudah disediakan oleh Shutterstock namun hanya beberapa saja. Batas maksimal dari keyword adalah 50, maka hal yang terbaik adalah memaksimalkannya dari batas tersebut, karena bertujuan akan membantu calon pembeli menemukan desain yang kalian jual.

Jika ada penulisan keyword yang salah biasanya akan ada peringatan dan kalian harus memperbaiknya, gunakan keyword dalam bahasa inggris.

Untuk category 1 dan 2 isi saja dengan karakter dari gambar vector milik kalian, misal saja contoh diatas penulis menggunakan category Art dan Abstract.

Langkah keempat: Submit desain gambar vector

Jika kalian sudah menyelesainkan tahapan diatas maka hal selanjutnya adalah klik pada kanan bawah untuk melakukan SUBMIT gambar vector milik kalian. Biasanya waktu tunggu tidak lebih dari satu menit untuk mulai direview oleh tim Shutterstock dan waktu tunggu peninjauan 72 jam supaya file desain kalian siap untuk pampang di profil kalian untuk siap dijual nantinya.


Terakhir

Sedikit informasi dari penulis

Semenjak pergantian CEO Shutterstock kini para kontributor dituntut untuk memberikan karya desain yang ORIGINAL beda dengan dulu. Jika kalian melakukan copy desain milik orang lain maka Shutterstock tidak segan-segan untuk menangguhkan akun kalian selamanya.


Tips untuk kalian yang baru bergabung menjadi kontributor Shutterstock

Bagi kontributor yang masih baru bergabung kalian seharunya jangan membuat desain yang similiar content dengan desain milik orang lain atau yang sudah ada diinternet maupun dimana saja, karena untuk sekarang ini Shutterstock semakin ketat dalam pemilihan desain yang berkualitas.

Janga pernah membuat desain yang hanya membuat huruf A-Z karena itu dianggap sebagai spam desain oleh Shutterstock dan sangat tidak berkualitas, jika sudah begitu maka hal yang akan terjadi adalah akun kalian rawan dengan yang namanya Banned.

Dan yang terakhir adalah jangan membuat desain yang generic, sudah hampir dimana saja perusahaan microstock maupun jasa desain selalu memberi peringatan ke desainernya maupun ke kontributornya untuk selalu menghindari desain yang generic karena desain ini sangat biasa dan tidak memiliki harga jual yang tinggi, jika kalian masih melakukan hal ini maka hal buruk akan menimpa pada akun kalian yang akan dibanned.


Jadi itulah cara mudah upload gambar vector di Shutterstock semoga bermanfaat dan dapat membatu kalian yang masih baru bergabung menjadi kontributor Shutterstock. Salam hangat dari penulis, tetap semangart dan sehat selalu.

Previous Post Next Post