Tips memilih kontes desain yang tepat untuk desainer 99designs

99designs, freelance designs, freelance desain, pekerjaan freelance, vector, belajar desain, desain, desain grafis, wawa design, download vector, download vector gratis, logo, logos, vector, 99designs freelance, shutterstock, freepik, desain terbaik, sekolah desain, desain gratis, sekolah desain gratis, download mockup gratis, download font gratis, tips dan trik 99designs, dollar, ilustrasi, coreldraw, grafis desain, freelance desain grafis, freelance desain grafis jogja, freelance desain grafis bandung, freelance desain grafis sumatra, freelance desain grafis kalimantan, freelance desain grafis sulawesi, freelance desain grafis jawa, freelance desain grafis bali, freelance desain grafis maluku, freelance desain grafis jakarta, freelance desain grafis DKI, freelance desain grafis jayapura, freelance desain grafis papua, freelance desain grafis solo, freelance desain grafis semarang, lowongan kerja desain, lowongan kerja desain grafis, 99design contest, daftar 99design, cara mengikuti kontes 99designs, cara memahami brief di 99designs, belajar desain yang benar, kursus desain, kuliah desain, seni desain, download gambar lucu, download font gratis, seni, art desain, desain modern, cara jual gambar, cara download gambar, cara download font, cara jual foto, cara belajar desain, cara mendesain yang benar, belajar vector, belajar photoshop, cara membuat logo, cara membuat desain web, cara membuat desain ilustrasi, gambar anak-anak, download gambar lebaran, download gambar idul fitri, kartu ucapan, membuat desain yang menarik, desin, desain, grafis, font terbaik, font jelek, font 99designs, font logo, font web, font gratis, font free, membuat font, menjual font, kartu ucapan gratis, vector kartu ucapan, situs belajar desain grafis, blog desain jogja, blog desain infonesia, blog desain bahasa indonesia, ingin belajar desain, desain website terbaik, vector gambar rumah, vector gambar lucu, desain rumah, desain halaman, desain kamar, desain kamar untuk anak-anak, warna terbaik untuk logo, kartu valentin, belajar desain rumah, belajar desain kaos, belajar desain 3D, belajar desain arsitek, belajar desain baju, belajar desain web, belajar desain grafis yang benar, belajar coreldraw, belajar adobe illustrator

Jika kalian adalah desainer 99designs yang masih baru bergabung untuk mengikuti kontes desain, pastinya kalian belum memahami gimana caranya memilih kontes yang tepat untuk kalian. Karena di 99designs banyak sekali menyajikan pilihan desain kontes yang bisa diikuti.

Memilih kontes desain yang tepat pastinya akan membuat kalian mudah untuk memenangkan kontes desain tersebut, namun jika kalian salah dalam memilih kontes desain makan hasilnya kalian akan sangat susah sekali untuk bisa memenangkan kontes desain tersebut.

Dulu waktu saya masih pertama juga mengalami kebingungan dalam memilih kontes desain yang mana yang harus saya pilih dan tetap konsisten disatu bidang desain saja. Namun jika kalian memilihi keahlian lebih dari satu misal kalian mampu membuat desain logo dan kalian juga mampu membuat desain ilustrasi maka silahkan saja jalankan keduanya, jika mampu.

Disini saja akan membagikan tips memilih kontes desain yang tepat untuk desainer 99designs yang baru bergabung. Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman saya selama 9tahun bekerja freelance di 99designs.

Jangan memilih kontes desain hanya karena hadiahnya

Kebanyakan pemula yang masih baru bergabung mereka memilih kontes desain hanya dilihat dari berapa jumlah hadiah yang bakal didapatkan. Sebenarnya pemikiran ini sangatlah wajar, dulu saya juga begitu namun seiring berjalannya waktu saya sadar bahwa justruh hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu produktif kita saja.

Ketika kalian memilih kontes desain pikirkan seberapa mampunya kalian, dimana jalan desain yang kalian ambil. Membuat desain sebenarnya mudah namun disini kita membahas tentang desain kontes yang dimana akan terjadi sebuah persaingan yang akan kita hadapi.

Memilih kontes desain di 99designs, susaikan dengan keahlian kalian sendiri dan jangan memaksakan kehendak apa lagi hanya tergiyur dengan hadiah yang ada di kontes tersebut.

Sebelum memilih dan membuat desain yang akan kalian submit nantinya, pastikan dulu baca baik-baik brief yang ada dikontes tersebut, cari referensi yang tepat untuk bisni yang ada dikontes tersebut, jika kalian tidak bisa mengerjakan maka tinggalkan saja kontes tersebut. Jangan buang-buang waktu hanya sekedar ingin memenangkan kontes desain, pikirkan seberapa batasan yang kalian miliki.

Pilihlah kontes desain yang sesuai dengan karakter desain kalian, jika kalian suka membuat desain yang bergaya vintage maka fokus sajalah dibidang tersebut. Jangan terpengaruh dengan gaya desain yang lainnya yang ada dikontes desain. Karena dengan kalian fokus disalah satu keahlian maka dijamin kalian akan dengan mudah untuk memenangkan kontes desain yang kalian ikuti.

Terkadang kalian juga bisa mendapatkan undangan dari klien, namun perlu diingat hal tersebut tidak menjamin kalian bisa memengkan kontes desain tersebut. Jika kalian tidak ada waktu untuk mengerjakan atau kalian tidak bisa mengerjakan maka tinggalkan saja ajakan tersebut.

Yakinlah atas kemampuan yang kalian miliki, karena disitulah kalian akan dengan mudah bisa memenangkan kontes desain di 99designs.

Memilih kontes desain yang baru dengan persaingan yang sedikit

Sebagai desainer yang baru bergabung di 99designs, pastinya kalian akan langsung memilih kontes desain yang sudah disajikan oleh 99designs. Namun ada beberapa trik yang harus kalian tahu jika kalian menginginkan bisa memenangkan kontes desain yang kalian pilih.

Ketika kalian memilih kontes desain yang baru perlu dipastikan untuk memilih kontes desain dengan sedikit persaingan. Karena dengan cara seperti itu kalian akan mempunyai kesempatan memenangkan desain kontes jauh lebih besar.

Hindari ketika kalian memilih kontes desain yang sangat banyak pesaingnya, karena kesempatkan kalian bisa menang pun bakalan sangat kecil. Beri solusi kepada klien atau CH (Contest Holder) dengan pilihan 3 konsep desain yang berbeda, dengan cara tersebut bisa dipastikan jalan menuju menang untuk kalian semakin besar.

Baca dan pahami brief yang ada dikontes desain tersebut

Kebanyakan desainer pemula yang tidak pernah membaca brief yang sudah diberikan oleh klien, karena desainer pemula hanya fokus melihat desain dari kontestan lain dan akhirnya terjadi copy konsep.

Fungsi adanya brief didalam kontes desain sebenarnya memberi kita beberapa informasi penting untuk menciptakan suatu karya desain yang cocok dengan keinginan klien didalam kontes desain tersebut.

Sebelum kalian membuat desain dan akhirnya kalian submit, sebaiknya ikuti langkah-langkah ini:
  • Jangan terburu-buru untuk membuat desain
  • Baca dan padahami dulu isi dalam brief sebelum kalian melangkah untuk membuat desain
  • Cari referensi yang cocok untuk konsep desain yang akan kalian buat
  • Bertanya kepada klien untuk spesifikasi penting seperti pilihan warna, gaya desain dan beberapa elemen penting lainnya yang tidak terdapat didalam brief
  • Jangan jadikan desain kontestan lain sebagai pertimbangan konsep desain yang akan kalian buat
  • Berikan konsep desain yang berbeda dari kontestan lain
  • Beri penjelasan tentang desain yang kalian buat bertujuan supaya klien bisa memahami maksud dari desain yang sudah kalian ciptakan

Dari banyaknya pilihan kontes desain yang ada di 99designs, mungkin kalian akan merasa bimbang dalam memilih kontes mana yang akan kalian pilih. Dengan adanya artikel ini yang saya buat berdasarkan pengalaman saya selama 9 tahun, semoga dapat membantu kalian dengan mudah menentukan pilihan kontes desain yang cocok untuk kalian.

Tetap semangart dan sehat selalu.
Previous Post Next Post