Suka duka menjadi desainer 99designs selama 9 tahun

99designs, freelance designs, freelance desain, pekerjaan freelance, vector, belajar desain, desain, desain grafis, wawa design, download vector, download vector gratis, logo, logos, vector, 99designs freelance, shutterstock, freepik, desain terbaik, sekolah desain, desain gratis, sekolah desain gratis, download mockup gratis, download font gratis, tips dan trik 99designs, dollar, ilustrasi, coreldraw, grafis desain, freelance desain grafis, freelance desain grafis jogja, freelance desain grafis bandung, freelance desain grafis sumatra, freelance desain grafis kalimantan, freelance desain grafis sulawesi, freelance desain grafis jawa, freelance desain grafis bali, freelance desain grafis maluku, freelance desain grafis jakarta, freelance desain grafis DKI, freelance desain grafis jayapura, freelance desain grafis papua, freelance desain grafis solo, freelance desain grafis semarang, lowongan kerja desain, lowongan kerja desain grafis, 99design contest, daftar 99design, cara mengikuti kontes 99designs, cara memahami brief di 99designs, belajar desain yang benar, kursus desain, kuliah desain, seni desain, download gambar lucu, download font gratis, seni, art desain, desain modern, cara jual gambar, cara download gambar, cara download font, cara jual foto, cara belajar desain, cara mendesain yang benar, belajar vector, belajar photoshop, cara membuat logo, cara membuat desain web, cara membuat desain ilustrasi, gambar anak-anak, download gambar lebaran, download gambar idul fitri, kartu ucapan, membuat desain yang menarik, desin, desain, grafis, font terbaik, font jelek, font 99designs, font logo, font web, font gratis, font free, membuat font, menjual font, kartu ucapan gratis, vector kartu ucapan, situs belajar desain grafis, blog desain jogja, blog desain infonesia, blog desain bahasa indonesia, ingin belajar desain, desain website terbaik, vector gambar rumah, vector gambar lucu, desain rumah, desain halaman, desain kamar, desain kamar untuk anak-anak, warna terbaik untuk logo, kartu valentin, belajar desain rumah, belajar desain kaos, belajar desain 3D, belajar desain arsitek, belajar desain baju, belajar desain web, belajar desain grafis yang benar, belajar coreldraw, belajar adobe illustrator

99designs, siapa sih yang tidak mengenal situs yang paling populer ini di kalangan para desainer. Situ yang menyajikan segala macam kontes desain mulai dari logo desain, desain web, desain brosur, desain ilustrasi dan masih banyak lagi tentunya.

Situs 99designs ini menurut saya sangat rekomendasi sekali bagi kalian yang mempunyai passion di bidang desain grafis. Mulai dari hadiah kontes minimal $190 hingga ribuan dollar, bisa kalian dapatkan hanya dari membuat desain saja, cocok sekali dong tentunya dan sangat menggiurkan sekali.

Bagi kalangan desainer seluruh dunia pastinya situs yang satu ini sudah pernah dijamah, yang dikarenakan sangat mudah sekali untuk mendapat pundi-pundi dollar. Awal cerita kemunculan situs 99designs ini berdiri pada tahun 2008 oleh Mark Harbottle dan Matt Mickiewicz di Melbourne, Australia. Sudah cukup lama dong tentunya jika dihitung sampai sekarang berarti sudah 12 tahun situ tersebut ada.

Saya sendiri sudah 9 tahun sejak dari 2011 awal bergabung menjadi desainer di 99designs. Tentunya banyak sekali cerita dan pengalaman saya tentang menjadi desainer di 99designs, ada bahagia dan tentunya juga ada yang sedih.

Bagi pemula yang masih baru terjun ke dunia desain grafis, saya sangat menyarankan kalian untuk mencoba menjadi desainer di 99designs. Tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar di 99designs, kalian hanya butuh email dan foto KTP saja, tentunya sangat mudah sekali syarat tersebut. Namun untuk kalian yang belum mempunyai KTP tetapi ingin mencoba mendaftar menjadi desainer di 99designs, kalian bisa pinjam KTP milik orang tua, saudara atau teman kalian.

Software yang biasa digunakan untuk membuat desain:
  1. Adobe Illustrator CS6
  2. Adobe Photoshop CS6
  3. CorelDraw

Kegunaan software adobe illustrator, adobe photoshop dan corelDraw untuk membuat desain di 99designs:

1. Adobe illustrator

Software ini yang biasa digunakan oleh desainer grafis,  dari namanya saja sudah sangat jelas bahwa software tersebut khusus untuk membuat illustrator dan desain vector lainnya. Adobe illustrator berbeda jika dibanding dengan Adobe Photoshop karena Photoshop di khusus kan untuk pengeditan foto dan manipulasi foto terkadang ada juga orang yang membuat gambar menggunakan Photoshop namun Photoshop tidak bisa menyimpan file vector.


2. Adobe Photoshop

Dari namanya saja sudah jelas Photos jika dalam bahasa indonesi adalah foto. Software ini dikhususkan untuk editing foto dan manipulasi foto.

Terus apa dong alasannya photoshop termasuk software desain?

Jawabnya sederhana, karena untuk branding dan manipulasi desain yang jika dicetak maka hasilnya akan terlihat, biasanya untuk memanipulasi kartu nama, brosur, poster, logo yang tertempel di dinding perusahaan dan masih banyak lagi, bisanya sering disebut juga dengan mockup design.

Karena didunia desain tentunya kita perlu dong memberikan branding yang bagus untuk klien kita meski sifatnya hanya kontes tetapi kita diharuskan tetap profesional dan jangan asal-asalan jika kalian bisa dengan mudah memenangkan kontes desain.


3. CorelDraw

Software yang satu ini adalah software yang paling sering saya gunakan yang dikarenakan sangat mudah sekali dioprasikan. Untuk kalangan pemula pastinya sudah sangat paham dengan CorelDraw, software terbaik untuk membuat desain vector, meski terbaik namun ada juga kekurangannya, warna yang dihasilakan tidak sebagus produk adobe.

Suka duka saya menjadi desainer 99designs selama 9 tahun

Dari awal karir saya menjadi desainer 99designs bisa dibilang sangat mulus dan lancar-lancar saja. Sampai tahun ini saya tetap menjadi desainer di 99designs dengan history memenangkan kontes sudah seribu lebih.

1. Untuk rasa suka yang saya rasakan

Selama ini kurang lebih 9 tahun menjadi desainer di 99designs, bahwa 99designs sangat bisa dipercaya untuk masalah pembayaran selalu tepat waktu dan aman tentunya. Jika ada masalah staf 99designs sangat profesional dan sangat cepat untuk memberi solusi kepada kita.

2. Untuk rasa duka atau bagian yang tidak enak dari menjadi desainer di 99designs

Aslinya sih bukan 99designs yang membuat tidak nyaman, namun CH (Contest Holder) dan kontestan lainnya.


Kita bahas terlebih dahulu untuk CH (Contest Holder)

Misal saja kontes sudah mulai di berjalan nah kita kan pastinya akan mengikuti kontes tersebut. Kita sudah membuat desain dengan semaksimal mungkin dan sebagus mungkin tetapi apa yang dilakukan CH (Contest Holder) pergi kabur dengan membawa konsep desain kita dan para kontestan lainnya. Disitu adalah rasa paling menyebalkan saat mengikuti kontes di 99designs.


Kita bahas dulu untuk kontestan lainnya

Disinilah saya bisa melihat siap saja desainer yang profesional dan yang non-profesional.


Untuk yang profesional

Biasannya mereka memiliki ide-ide desain yang beda dari yang lainnya dan selalu berpegang teguh dengan konsep awal yang dia rancang, meski ada sedikit perubah namun tidak menghilangkan ciri dari desain awal yang buat. Desainer profesional selalu menghindari rancangan desain yang generik dan memberi solusi dengan ide desain yang lainnya. Desainer profesional juga tidak memiliki sifat copy desain entah ituh dari internet maunpun dari kontestan lainnya.


Untuk yang non-profesional atau pemula

Nah disinilah maslahnya jika berurusan dengan mereka, yang bisa membuat kita naik darah dan menjadu rasa duka untuk kita.

Lha kenapa bisa begitu? Karena:
  1. Mereka tidak mempunyai karakter atau sifat profesional sama sekali di bidang desain
  2. Mereka selalu asal-asalan dalam membuat desain
  3. Merakalah yang paling sering menggunkan desain generik
  4. Merekalah yang paling sering membuat masalah dengan daisainer profesional
  5. Merekalah yang selalu mencuri ide original dari desainer profesional
  6. Merekalah yang paling sering menggunakan stock image yang ada diinternet yang digunakan untuk mengikuti kontes desain
  7. Merekalah yang membuat kita para profesional selalu dibuat geleng-geleng kepala

Jika kalian masih pemula dan berkesempatan membaca artikel ini dan ingin terjun menjadi desainer di 99designs, maka saya sarankan menjadilah profesional meski kalian belum mahir setidaknya kalian memiliki keahlian dibidang desain tapi setidaknya kalian sudah mengetahui jalan mana yang harus kalian pilih.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, tetap sehat dan sukses selalu.
Previous Post Next Post